Social Teknologi

Paparan Tentang Teknologi Terbaru
9 Fakta Unik Tentang Ngemil

9 Fakta Unik Tentang Ngemil

Makan camilan atau ngemil sering menjadi kambing hitam bagi seseorang untuk menambah berat badan. Akibatnya, banyak orang enggan ngemil, meski ngemil tidak selalu buruk.

Makanan camilan yang kaya nutrisi, seperti es loli, tentu baik untuk tubuh dan bahkan direkomendasikan. Dilansir dari littlethings, ada beberapa manfaat mengemil pada kesehatan tubuh Anda.

9 Fakta Unik Tentang Ngemil
9 Fakta Unik Tentang Ngemil

1. Ngemil bisa memenuhi berbagai nutrisi

Makan tiga kali sehari sudah menjadi kebiasaan kebanyakan manusia, makan camilan atau ngemil di antara makanan berat justru bisa menjadi pilihan gaya hidup sehat. Ngemil dapat meningkatkan asupan nutrisi dan memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari berbagai jenis makanan.

Jika Anda membutuhkan protein, vitamin, dan serat tambahan. Menambahkan lebih banyak makanan yang memiliki nutrisi ke makanan biasa akan memberikan asupan yang dibutuhkan tubuh Anda.

2. Mencegah makan berlebihan

Anda yang sedang diet, tentu saja, menolak makanan ringan. Memang, diet kaya nutrisi sangat penting, menolak makanan yang baik ketika lapar hanya akan meningkatkan keinginan yang tidak sehat.

Livestrong menyarankan mengemil makanan yang enak, ngemil akan membuat Anda lebih bersemangat dan bahagia, seperti selai kacang, keju, dan buah.

3. Mengurangi kelelahan yang biasanya terjadi di sore hari

Ketika Anda terjebak antara makan siang dan makan malam, rasanya seperti Anda berjuang dengan kelelahan sampai Anda bisa makan lagi, yang menghasilkan kelesuan dan menjadi kurang produktif.

Namun, memberikan asupan camilan di antara waktu makan akan membantu menjaga energi Anda tetap baik. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati, karena beberapa camilan akan membuat Anda mengantuk seperti roti, pasta, dan daging.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kacang camilan juga menyehatkan jantung, dan membuat pemompaan aliran darah lebih baik, dan meningkatkan tubuh Anda dari dalam ke luar.

Jadi, jika Anda diberi tahu bahwa makan lebih sedikit lebih baik untuk Anda, ingatlah bahwa metabolisme tubuh Anda harus berfungsi secara teratur.

5. Tingkatkan konsentrasi

Menurut American Dietetic Association, ngemil antar waktu dapat meningkatkan konsentrasi seperti blueberry, alpukat, atau cokelat.

Ini akan memudahkan Anda untuk belajar di sekolah, menyelesaikan pekerjaan di kantor, dan merasa senang saat bepergian dengan teman-teman, karena camilan membantu membangkitkan semangat Anda.

6. Menurunkan kolesterol

Snacking juga dikabarkan mempengaruhi lemak darah, karena memberikan lebih banyak kolesterol dalam tubuh. Memang, ini bisa terjadi jika Anda ngemil dengan makanan tidak sehat, dan tidak banyak membantu dalam memberikan nutrisi ke tubuh Anda selain memberi Anda perasaan kenyang.

7. Memberi energi untuk lebih aktif

Makan akan memberi kita energi untuk bergerak sepanjang hari, dan ini akan membuat Anda dalam kondisi mental yang lebih baik untuk tetap aktif.

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan bahwa ketika Anda mengunyah, ada saraf yang dapat merangsang otak untuk menjadi lebih aktif. Karena itu, ngemil bisa membuat suasana hati lebih positif.

8. Kontrol Gula Darah

Salah satu manfaat ngemil adalah dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Apa yang Anda makan, akan memiliki efek besar pada darah dan tubuh Anda, terlepas dari apakah Anda perlu mengaturnya.

Dewan Informasi Makanan Eropa percaya bahwa makan sedikit sepanjang hari akan membantu tubuh Anda menyeimbangkan gula darah secara bertahap sepanjang hari.

9. Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung

Selain bermanfaat untuk mengendalikan gula darah dan kolesterol, ngemil juga dapat mengurangi peluang Anda terkena diabetes dan penyakit jantung.

Jadi, Anda harus mulai ngemil dengan makanan sehat selama waktu kerja Anda. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang Anda tahu ngemil sebenarnya bisa menjadi hal yang baik untuk tubuh Anda.

Leave a Reply