Social Teknologi

Paparan Tentang Teknologi Terbaru
7 Hal Ini yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

7 Alasan Yang Membuat Baterai Laptop bocor, Segera Ubah Kebiasaan Anda!

Secara umum, baterai laptop harus dapat bertahan dalam 2-5 jam bila digunakan tergantung pada tingkat keparahan aktivitas yang dilakukan. Dan biasanya, usia baterai laptop adalah 3-5 tahun baru, itu wajar bagi Anda untuk harus mengganti baterai. Tetapi, karena kebocoran kali ini menjadi lebih pendek sehingga Anda harus bergantung pada steker. Sadar atau tidak sadar, ternyata 7 kebiasaan ini dapat merusak baterai laptop Anda, lho.

7 Hal Ini yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!
7 Hal Ini yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

1. Tidak mengisi daya laptop sesaat setelah dibeli

Laptop baru itu terasa tidak sabar untuk segera digunakan. Akibatnya, Anda bersikeras menggunakannya meskipun baterai tidak cukup. Laptop dalam kondisi baru biasanya masih dalam kondisi baterai kosong atau sedikit terisi. Karena itu, sangat disarankan agar laptop baru Anda diisi ulang minimal selama 4 jam agar baterai terisi penuh terlebih dahulu.

2. Keluarkan baterai dengan sembarangan

Kebanyakan orang sering melepas baterai laptop mereka secara sembarangan. Bahkan, laptop terhubung langsung ke listrik. Alih-alih merawat baterai laptop, tindakan ini ternyata salah. Melepaskan baterai laptop saat menghubungkannya ke listrik akan merusak laptop Anda. Alasannya, listrik yang masuk langsung ke laptop Anda belum tentu stabil dan jika tiba-tiba mati, laptop Anda juga akan mati. Risiko kematian mendadak ini menyebabkan kerusakan pada hard drive dan beberapa komponen laptop lainnya. Jadi yang terbaik, hentikan melepas baterai laptop Anda dengan sembarangan.

3. Menggunakan laptop sampai baterai benar-benar habis dan tidak mencabut colokan saat baterai sudah penuh

Karena mager harus diisi, jadi tunggu sampai Anda mati, oke! Siapa yang suka itu? Segera bertobat Sebelum kehabisan sepenuhnya, biasanya laptop akan memberikan peringatan dini agar Anda langsung menagih. Segera sambungkan ke listrik dan jangan ditunda. Selain itu, cabut daya saat lampu indikator menunjukkan baterai sudah penuh. Mengizinkan listrik mengalir ke baterai dapat membuat komponen baterai cepat rusak karena baterai terus dipaksa untuk menyimpan daya walaupun kapasitasnya telah terpenuhi.

4. Menggunakan laptop saat sedang diisi daya

Jika tidak mendesak, jangan biasakan menggunakan laptop saat sedang diisi daya. Jika Anda masih ingin baterai laptop Anda bertahan lama, Anda harus menghindarinya dan singkirkan kebiasaan yang satu ini. Menggunakan laptop saat mengisi daya membuat baterai Anda bingung karena Anda harus mengeluarkan daya dan mengisi daya secara bersamaan. Akibatnya, risiko kebocoran akan lebih besar. Isi daya laptop saat dimatikan. Setelah daya terisi penuh atau terasa cukup, maka gunakan dengan benar.

5. Pengaturan layar yang terlalu cerah

Cahaya laptop yang terlalu terang bisa membuat konsumsi baterai Anda lebih boros. Ya, sungguh, dari mana laptop Anda berasal jika bukan dari baterai? Karena itu, pastikan Anda mengontrol pengaturan lampu laptop Anda sehingga penggunaan baterai juga bisa lebih ekonomis. Tetapi masih bijaksana untuk mengaturnya karena cahaya yang rendah dan terlalu terang juga bisa berdampak buruk bagi mata Anda. Bijaklah!

6. Mengizinkan aplikasi yang tidak digunakan tetap terbuka

Bukan hanya perangkat keras, cobalah untuk melihat aplikasi di laptop Anda. Apakah Anda membiarkan aplikasi yang tidak digunakan terbuka? Ini juga bisa membuat baterai Anda cepat habis. Segera tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan agar penggunaan baterai lebih efektif dan tahan lama.

7. Isi daya colokan dengan banyak cabang

Ya, mungkin tidak banyak yang tahu tentang ini. Saat mengisi daya, coba gunakan satu colokan. Jangan memiliki terminal dengan banyak cabang karena itu berarti aliran arus menjadi terpecah dan tidak stabil. Pasokan listrik yang berfluktuasi atau tidak stabil tidak baik untuk baterai laptop karena arus yang masuk menjadi tidak konsisten.

Jangan lupa untuk mempraktikkannya, agar baterai laptop Anda bertahan lebih lama!

Leave a Reply