Social Teknologi

Paparan Tentang Teknologi Terbaru
5 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Baik Untuk Diet

5 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Baik Untuk Diet

Beras adalah makanan pokok yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya nasi putih, ada banyak jenis beras yang siap mengisi dan menyehatkan tubuh Anda. Mulai dari beras merah, beras merah, hingga beras hitam.

Antara Nasi Putih, Nasi Berwarna, dan Quinoa, Mana yang Paling Cocok untuk Diet?
Banyak yang tidak terlalu tahu nasi hitam. Padahal beras hitam adalah warisan leluhur Indonesia. Bahkan rasa nasi dari nasi hitam dianggap lebih enak dan pulen daripada nasi putih atau beras merah.

Meski tampilannya kurang menggugah selera, nasi hitam memiliki manfaat sehat. Biji-bijian beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alami mereka karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

5 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Baik Untuk Diet
5 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Baik Untuk Diet

Berikut ulasannya tentang manfaat beras hitam:

Jantung yang sehat

Manfaat pertama dari beras hitam adalah menyehatkan jantung. Menurut penelitian, makan nasi hitam efektif dalam mengurangi risiko pembekuan darah di arteri.

Kandungan fitokimia di dalamnya juga berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga kedua kombinasi ini baik untuk mencegah penyakit jantung. Beras hitam telah terbukti berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi pembentukan plak aterosklerotik di arteri jantung.

Makan nasi hitam dapat mengurangi risiko aterosklerosis, atau pengerasan dinding arteri. Selain itu, manfaat beras hitam juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total.

Detoksifikasi tubuh

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah mendetoksifikasi tubuh. Studi ini menyimpulkan bahwa beras hitam baik dalam proses detoksifikasi tubuh. Ini karena nasi hitam dapat membersihkan hati dari racun dan mengandung fitonutrien yang kuat untuk mengurangi peradangan.

Jadi manfaat beras hitam memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung kesehatan hati. Ini karena kandungan antioksidan yang ditemukan dalam beras hitam. Sebagai salah satu organ terbesar, hati memainkan peran penting dalam proses detoksifikasi tubuh.

Dengan mengonsumsi beras hitam, hati akan terbantu dalam menghilangkan zat beracun dengan fitonutrien. Fitonutrien ini berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, selain juga membantu meningkatkan dan meningkatkan fungsi setiap jaringan.

Pencernaan yang sehat

Manfaat beras hitam selanjutnya adalah dapat menyehatkan pencernaan. Beras hitam kaya serat yang membantu mencegah sembelit, kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Beras hitam juga membantu mengurangi kadar GI dalam darah.

Serat yang terkandung dalam beras hitam dapat membantu meningkatkan aktivitas usus. Bahkan dengan dosis tinggi, serat dapat mencegah penyerapan zat beracun dan membilas kotoran dari tubuh.

Cegah diabetes

Makan nasi hitam secara teratur efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebab, lagi-lagi karena manfaat beras hitam efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

Nasi hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sambil menjaga kadar gula darah konstan. Karena itu, manfaat beras hitam dalam makanan juga membantu mengelola pra-diabetes, karena kandungan gulanya juga rendah.

Selain itu, indeks glikemik beras hitam (GI) relatif rendah jika dibandingkan dengan nasi putih. Karena itu, nasi hitam dapat meningkatkan kontrol diabetes dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Cegah obesitas

Lebih jauh, manfaat beras hitam adalah mencegah obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa makan nasi hitam dapat mencegah resistensi insulin terkait dengan peningkatan risiko obesitas. Jika Anda melakukan diet dan bosa dengan nasi merah, Anda bisa menggantinya dengan konsumsi beras hitam.

Bahkan makan nasi hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada nasi merah, karena teksturnya lebih padat dan lebih kaya serat.

Apalagi nasi hitam rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nasi hitam membantu mengendalikan asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

Keistimewahan Nasi Hitam

Nasi hitam adalah beras istimewa atau nasi unggul yang dikonsumsi oleh raja-raja zaman dulu. Selain itu, nasi hitam memiliki cita rasa khas yang enak, pulen dan harum. Tidak mengherankan, hanya petani terpilih yang dapat menanam beras hitam ini.

Beras hitam berbeda dengan beras ketan hitam. Spesies ini dibudidayakan di sawah, tidak bisa di sawah, dan membutuhkan udara sejuk seperti di lereng Gunung Merapi. Penanaman juga harus dihindari dari tanah yang telah dicampur dengan pupuk anorganik.

Dengan beragam fitur dan manfaat yang terdapat dalam beras hitam, sepertinya Anda tidak akan rugi jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Makan nasi hitam memang akan terasa aneh pada awalnya. Namun manfaat sehat sepiring nasi hitam akan membuat Anda mencoba menikmatinya.

Leave a Reply